Header Ads

18 Desa Meriahkan Festival Desa WIsata


Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerahnya.

Keberadaan Desa Wisata dan Pokdarwis tersebut perlu  terus  didukung dan  dibina sehingga dapat berperan lebih efektif dalam  turut menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi pariwisata. Pembinaan Desa Wisata dan Pokdarwis  salah satunya adalah dengan pelaksanaan event festival desa wisata dan pokdarwis di Kabupaten Kebumen.

Festival Desa Wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwsata Kabupaten Kebumen di alun - alun kebumen pada Hari Minggu tanggal 21 Mei 2017 berlangsung Meriah. Pukul 07.00 WIB acara dibuka oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad dan dilanjutkan sambutan dari Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen Azam Fathoni.


Sebanyak 18 desa dan kelompok sadar wisata ambil bagian dalam kegiatan yang baru perdana digelar ini.Adapun Tujuan digelarnya Festival Desa Wisata kali ini adalah,

  • Memperkenalkan Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata di Kebupaten Kebumen bersama dengan produknya kepada Masyarakat Kebumen. 
  • Mendorong daya saing antara Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata Di Kabupaten Kebumen. 
  • Mendorong Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata di Kabupaten Kebumen untuk saling bermitra dan bersinergi dalam membangun kepariwisatan di kabupaten Kebumen. *Mensinkronkan Program-program desa wisata dan Kelompok Sadar Wisata dengan program yang ada pada Pemerintah Daerah kabupaten Kebumen.
Masing - masing desa menampilkan potensi unggulan. Mulai dari daya tarik wisata, kuliner, produk kesenian dan kesenian. Sebanyak 18 peserta antara lain Desa/ Kecamatan Karangsambung yang menampilkan pesona pentulu Indah.



Di obyek wisata perbukitan ini menawarkan paket outbound dan camping fun. kemudian Desa Maduretno melalui Pokdarwis Sumbermadu menampilkan paket wisata Sungai Lukulo yang menawarkan outbond dan memancing

Desa peniron pejagoan mempromosikan lokasi wisata yang baru diluncurkan yakni Brujul Adventure Park dan masih banyak lainnya. Desa Sikayu yang sedang merintis wisata lam dan goa di Kawasan Karst Gombong Selatan. KWIK atau Kampung Wisata Inggris. Desa Pasir dengan sejumlah Daya Tarik Wisata seperti Pantai Watubale dan Pantai Lampon dan Desa Giripurno Karanganyar dengan bukit langitnya.

Diberdayakan oleh Blogger.